Jumat, 03 Februari 2012

Peristiwa Sejarah

Peristiwa Cimareme
Kecamatan : Banyuresmi
Peristiwa Cimareme adalah suatu peristiwa pertempuran Tokoh Agama yang dipimpin oleh H. Hasan Arif melawan Belanda, di desa Cimareme di kecamatan Bayuresmi. Hal ini terjadi sebagai bentuk perlawanan terhadap Pemerintah Belanda yang memaksa masyarakat untuk menjual hasil bumi ke pemerintah Belanda dengan Harga yang sangat murah. Pertempuran ini terjadi pada tanggal 19 Juli 1919. yang kemudian dikenal dengan nama Cimareme banjur getih (darah).

Pertempuran Kubang
Kecamatan : Banyuresmi
Pertempuran Kubang terjadi di kecamatan Banyuresmi pada bulan September tahun 1945. Pertempuran ini dilakukan pemuda pejuang garut terhadap Jepang. Pemuda garut menghadang iring-iringan pasukan Jepang yang akan masuk ke Garut dari Ujung berung Bandung. Untuk mengingatkan semangat juang dan patriotisme pemuda pada peristiwa itu, dibuatkan Monumen Pertempuran Kubang yang terlihat dalam perjalan Bandung- Garut di daerah Tanjung.
perbesar...

Peristiwa Leuwigoong
Kecamatan : Leuwigoong
Peristiwa ini terjadi di desa Dungus Siku Kecamatan Leuwigoong pada tahun 1947, merupakan penghadangan pasukan oleh para pemuda pejuang Garut terhadap Belanda yang akan melakukan agresi militer pertama. Gugur sebagai pahlawan nasional dalam peristiwa ini adalah Atam Sondara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar